Akibat Sibuk di Dunia Lupa Akhirat

0
516
sibuk di dunia lupa akhirat, sibuk di dunia lupa akhirat, lagi sibuk di dunia nyata, sibuk dunia lupa akhirat, sibuk dunia, sibuk duniawi, sibuk dengan dunia sendiri, sibuk dengan dunia, sibuk dengan dunianya sendiri, sibuk dengan duniamu, sibuk dengan duniaku sendiri, sibuk dengan duniamu sendiri, sibuk hal dunia, sibuk mengejar dunia, sibuk memikirkan dunia, sibuk urusan dunia, lupa akhirat, jangan lupa akhirat, lupa akan akhirat, lupa dengan akhirat, cinta dunia lupa akhirat, sibuk dunia lupa akhirat, mengejar dunia lupa akhirat, ingat dunia lupa akhirat, khutbah jum'at lupa akhirat, manusia lupa akhirat

Sibuk di dunia lupa akhirat, sadar atau tidak kah kita ?
Seseorang terkadang lupa dengan kewajibannya sebagai umat Islam.

Kita menyadari bahwa shalat 5 waktu keutamaannya yang paling utama bagi laki-laki, terletak pada jamaah di masjid pada awal waktu. Mengapa shalat jamaah yang sangat banyak keutamaannya ini tidak selamanya kita kerjakan ?

Kita mengerti bahwa puasa mempunyai keistimewaan derajat di sisi-Nya, Sehingga Rasulullah SAW berfirman dalam sabda Qudsi, “Puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang melepaskan balasan puasa itu”. Lantas, mengapa tidak kita tambah keistimewaan itu di lurar bulan Ramadhan? Sedangkan Rasulullah mencontohkan dengan puasa senin kamisnya, dan hari-hari lainnya.

Kita pun mempunyai ilmu bahwa yang disesali para mayit di kuburnya ialah kurangnya sedekah, hingga itu berandai, jika mendapatkan penundaan kematian beberapa waktu, positif akan bersedekah dan dikategorikan ke dalam orang-orang yang taat agama islam. Lalu, apa yang menghambat kita untuk memperbanyak sedekah kita? Mengapa tidak kalian lakukan dengan penuh keyakinan dan kegembiraan?

Kita pun mengetahui, bahwa bacaan Al-Qur’an itu kelak menjadi syafaat kita di hadapan Allah SWT. Mengapa tidak kalian perbanyak tilawah kita? Apa sebab pula tidak kita perbanyak hafalan kita, supaya dalam dada ini semakin penuh tersimpan kalam suci-Nya, mengapa pula telinga ini hanya sedikit mendengar lantunan keindahan bait-baitnya?

Secara sadar atau tidak sadar ketika mendengan adzan, sebagian orang memilih untuk melanjutkan pekerjannya dari pada segera menuju masjid untuk mengerjakan shalat.
Wahai saudaraku, ketika engkau sabar melaksanakan perintah Allah yaitu shalat sejatinya engkau sedang mendekati rezekimu, perhatikan firman Allah berikut ini:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقوى

Artinya : Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa (Surat Ta Ha Ayat 132)

Luangkan Waktu untuk Ibadah
Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman:
“Wahai anak Adam, luangkanlah waktu untuk ibadah kepada-Ku maka Aku isi dadamu dengan kekayaan dan Aku tutup kekafiranmu. Jika tidak demikian maka Aku isikan kesibukan di mukamu dan Aku tidak menutup kefakiranmu” (HR:Tirmidzi)

Sibuk bekerja di dunia memang tidak salah, namun salah ketika menjadikan dunia tujuan sehingga lupa pada akhirat. Yang terbaik adalah sibuk bekerja di dunia untuk persiapan bekal di akhirat kelak. Bangunlah gedung-gedung sebagai sarana untuk ibadah, amal soleh, dan segala bentuk ketaatan, serta kebaikan yang diridhai Allah SWT. Sehingga waktu yang terpakai, pikiran yang dituangkan, tenaga yang terkuras, dan biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia, tapi mendapat balasan yang setimpal oleh Allah SWT di akhirat kelak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here