Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan Menurut Syariat Islam

0
7414
Berlomba-Lomba Dalam Kebaikan

Berlomba-lomba dalam kebaikan merupakan Salah satu kunci sukses umat muslim dimana dengan cara berlomba-lomba melakukan kebaikan karna Allah swt atau biasa disebut dengan kata fastabiqul khairat memiliki arti (berlomba-lomba dalam kebaikan)
Sebagaimana firman Allah swt dalam Al-Qur’an yang artinya :

Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS al-Baqarah [2]: 148).

Berlomba-lomba dalam kebaikan/fastabiqul khairat ini sangat penting dimiliki setiap Muslim, karena perjalanan hidup ini tidak datar, tetapi mendaki dan terjal. Semangat kompetisi dalam berbuat kebaikan merupakan energi positif untuk meraih prestasi tinggi dan menjadi yang terbaik di mata Allah.

Pada Hakikatnya sebuah kehidupan dunia ini merupakan ujian dan pembuktian iman untuk meraih kinerja terbaik. Sebagaimana firman Allah swt dalam Al-Quran  yang artinya :

(Dialah) yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (QS al-Mulk [67]: 2).

Orang yang selalu berlomba-lomba dalam kebaikan akan mendatangkan banyak manfaat. Manfaat itu akan diperoleh jika kita mau mengerjakan banyak kebaikan.Kebaikan tidak hanya dikerjakan satu kali saja.Namun,kebaikan harus dikerjakan terus-menerus.Kebaikan yang dikerjakan terus-menerus akan mendatangkan sikap istiqamah,ikhlas dan akhlak mulia.Dari situlah,diperlukan sikap kompetitif dalam berbuat baik.Jangan merasa bahwa kita tidak perlu untuk melakukan suatu kebaikan.Hikamh bersikap kompetitif dalam kebaikan antara lain sebagai berikut.
  • menumbuhkan rasa cinta pada ajaran agama Islam
  • memperoleh rida Allah dan pahala yang banyak
  • mendatangkan sikap istiqamah
  • sikap kompetitif akan menjadikan kita sebagai hamba yang memiliki akhlak mulia
  • menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan disiplin
  • menimbulkan rasa ikhlas dalam hati
  • Berkesempatan untuk menjadi hamba yang dimuliakan Allah swt. “…Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu…” (QS.49:13).
  • Berpeluang juga menjadi hamba yang paling terbaik seperti diungkapkan Allah dalam surat Al-Mulk: Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun (QS.67:2).
  • Berpeluang menjadi hamba yang paling bermanfaat. “Sebaik-baik kamu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain (Al-Hadits)
  • Berpeluang untuk menjadi orang yang paling dicintai Allah. “….Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan”(QS.2:195)

Semoga informasi Berlomba-lomba dalam kebaikan ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here