Bir Ali yang Menjadi Tempat Bernaungnya Rasulullah SAW

0
10
Bir Ali

Bir Ali atau Masjid Bir Ali adalah bangunan Masjid yang dibangun pada masa Rasulullah SAW. yang Dulunya terdapat sebuah pohon berbentik akasia, pohon tersebut menjadi tempat bernaungnya Rasulullah SAW ketika ingin menjalani umrah. Kemudian masjid ini dibangun di dekat pohon tersebut.

Kata Bir Ali berasal dari kata bir yang berarti sumur dalam hitungan jamak dan Ali sebagai pengingat bahwa Sayidina Ali bin Abi Thalib adalah tokoh yang paling banyak menggali sumur di kawasan tersebut. Sumur-sumur galian Sayidina Ali sekarang tak ada bekasnya sebab terkubur pembangunan kota dan perluasan masjid itu sendiri.

Masjid Bir Ali berlokasi di perbatasan Tanah Haram atau sekitar 11 km dari Masjid Nabawi, yang berada di dasar lembah yang rimbun menghijau. tempat ini merupakan sebuah tempat untuk miqat atau yang biasa di sebut miqat zamani bagi penduduk Madinah yang akan berumroh. Bangunan ini tampak seperti benteng yang dilengkapi dengan mercusuar yang menjulang sangat tinggi. Posisinya di tepi jalan Madinah-Mekkah. Bangunan ini berdinding tinggi yang menghadap ke sebuah bukit yang dipisahkan oleh jalan bebas hambatan. Hingga saat ini Masjid Bir Ali berdiri di atas lahan lebih dari 60 ribu meter persegi. Keseluruhan areal masjid ini terdiri dari 26000 meter persegi areal bangunan masjid dan sekitar 34 ribu meter persegi berupa paviliun, taman dan lapangan parkir. Para jamaah dapat menikmati beribadah dengan tenang dalam suasana teduh mengagumkan.

Masjid Bir Ali ini memiliki keistimewaan tersendiri antaralain yaitu :

dikenal sebagai masjid bersejarah tempat Rasulullah memilih miqat untuk berangkat umroh pemandangan di sekitar Masjid juga sangat mengagumkan. Latar belakangnya adalah sebuah bukit berbatu cadas sehingga tampak kontras dan sangat indah saat diabadikan dengan kamera. Bangunan yang dijadikan tempat ibadah ini tampak berdiri kokoh dan berwibawa.

Menjadi Masjid favorit para jamaah umroh yang memiliki menara setinggi 64 meter yang tampak menjulang gagah dari balik rindangnya pepohonan di bawah sebuah lembag. Di zaman Rasulullah lembah tersebut dikenal dengan nama Lembah Aqiq. Lembah yang terletak di perbatasan tanah haram ini merupakan lokasi berdirinya Masjid Bir Ali. Letaknya sekitar 11 kilometer dari Masjid Nabawi dan 9 kilometer dari sisi luar kota Madinah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here