Green Mosque Serta Keindahan Interior dan Ekteriornya

0
87
Green Mosque

Green Mosque/Masjid Hijau , Turki, adalah salah satu masjid tertua  di kota Bursa Turki. Denah masjidnya tidak umum digunakan dengan denah seperti hurup T terbalik. Ekteriornya menggunakan batu marmer sedangkan interiornya dipenuhi dengan keramik hias buatan tangan.

Green Mosque ini dibangun oleh arsitek Hacı Ivaz Pasha atas perintah dari Sultan Celebi Mehmet antara tahun 1419 hingga tahun 1421. Bangunan masjid Yesil dihias dengan beraneka ragam ornament yang dibuat secara hand made oleh para pelukis ternama dimasanya termasuk pelukis Haci Ali, Ilyas Ali. Serta seorang seniman ternama bernama Mehmet Mecnun yang melengkapi keindahan masjid ini dengan kemegahan karya keramik lukisnya yang dibuat khusus untuk masjid ini. Selain masjid dikomplek masjid Yesil juga terdapat Maosoleum (bangunan makam) yang berada diseberang jalan dari masjid, lalu juga ada Bangunan Madrasah dan Hamam (pemandian khas Turki)

Penyebutan nama Green Mosque ini tentunya berkaitan dengan warna interior masjid itu sendiri yang sebagian di dominasi oleh warna hijau dan toska. Yesil Camii atau Green Mosque berdiri di atas sebuah bukit di Kota Bursa, di tempat yang kini juga dikenal dengan kawasan Yesil atau kawasan Hijau. Meski demikian, masjid ini juga kerap kali disebut sebagai Masjid Mehmet I merujuk kepada nama pembangunnya. Green Mosque menghadirkan keindahan tersendiri, karena masjid ini menampilkan peralihan seni bina bangunan dari era Seljuk Turki ke Era Usmaniyah-Turki dengan kubah besar dan menara tinggi yang dikemudian hari menjadi ciri khas bangunan masjid Emperium Usmaniyah.

Meski ukurannya tak sebesar Masjid Agung Bursa (Uu Cami), Green Mosque menghadirkan keindahan tersendiri, masjid ini menampilakn peralihan seni bina bangunan dari era Seljuk Turki ke Era Usmaniyah-Turki dengan kubah besar dan menara tinggi yang dikemudian hari menjadi ciri khas bangunan masjid Emperium Usmaniyah. Green Mosque mulai dibangun tahun 1419 dan selesai tahun 1421 dimasa pemerintahan Sultan Celebi Mehmet.

Green Mosque ini telah menarik minat wisatawan, termasuk pelancong Muslim dari berbagai penjuru di dunia. Konstruksi bangunan yang tertutup dedaunan membuatnya seperti taman berbunga yang segar untuk beribadah di tengah kondisi cuaca musim panas, sehingga tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat paling indah di Bursa Turki yang memesona banyak pengunjungnya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khusunya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here