Gua Hira dan Keistimewaan di Dalamnya

0
276
Gua Hira

Gua Hira merupakan sebuah gua kecil di Jabal Nur yang terletak 5 km di utara Mekah yang di sekelilingnya terdapat sejumlah gunung, bukit batu dan jurang, dimana tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah SWT yang pertama kalinya melalui malaikat Jibril.

Gua Hira terletak di negara Arab Saudi, Letaknya pada tebing menanjak yang agak curam walau tidak terlalu tinggi, Gua tersebut terletak di Jabal Nur (Gunung Cahaya), Tinggi gunung ini 281 m dengan panjang pendakian sekitar 645 meter. Sebenarnya tidak terlalu tinggi, tetapi medannya cukup berat. Untuk bisa mencapai gua tersebut, kita harus mendaki bebatuan yang terjal dengan sudut kemiringan yang cukup tajam. Karena alasan itulah perjalanan ini ditujukan kepada orang-orang yang dipandang punya kesiapan mental dan fisik yang prima.Gua tersebut dijadikan sebagai tempat Nabi Muhammad SAW menyendiri dari masyarakat yang pada saat itu masih belum beriman kepada Allah SWT.

Gua ini mempunyai kedudukan penting dalam sejarah Islam, di sinilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu Al-qur’an yang pertama, yaitu Surat Al‘alaq 1-5. Nabi Muhammad SAW yang ummi, tidak bisa membaca dan menulis, dipaksa sampai tiga kali oleh Malaikat Jibril untuk membaca ayat tersebut. Hingga beliau berkata, “ma ana bi qariin”, saya bukanlah seorang yang pandai membaca.

Gua Hira terletak di belakang 2 batu raksasa yang sangat dalam dan sempit. Bila kita kunjungi dan masuk kedalamnya maka orang akan merasa terpencil sepenuhnya dari kehidupan dunia. Luas gua ini hanya cukup untuk tidur 2 orang berdampingan. Tinggi nya kira kira 2 meter dan dibagikan ujung kanannya ada lubang / celah yang dapat dipakai untuk memandang kawasan gunung dan bukit ke jurusan Mekah (Baitullah).

Maka dari itu Gua ini Selalu menjadi salah satu tempat ziarah yang dijadikan rebutan oleh para penziarah, banyak orang yang ingin berebutan untuk memasukinya. Karena tempat itu menjadi tempat bertemunya Rasulullah SAW dengan Malaikat Jibril.

Semoga Informasi  ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here