Haji Mabrur Menurut Para Ulama Serta Penjelasannya

0
16
Haji Mabrur

Haji Mabrur merupakan haji yang diterima dan diikhlaskan oleh Allah SWT karena kegiatan ibadah hajinya yang telah dilakukan secara baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih.

Sedangkan Pendapat Menurut Imam Nawawi dalam syarah Muslim ialah:

“Haji mabrur itu ialah haji yang tidak dikotori oleh dosa, atau haji yang diterima Allah swt., yang tidak ada riya, tidak ada sum’ah tidak rafats dan tidak fusuq.”

Dalam Kitab Lisan al-Arab, Kata mabrur memiliki arti baik, suci, dan bersih dan juga berarti maqbul atau diterima. Dalam pengertian pertama, mabrur adalah haji yang dilaksanakan dengan baik, tidak melakukan hal-hal yang dilarang seperti berkata kotor, berbuat fasik atau mengganggu orang lain, menggunakan harta yang halal untuk ongkos dan biaya perjalanan ibadah. Dalam arti yang kedua, mabrur berarti maqbul atau diterima.

Kesimpulannya ialah bahwa yang dimaksud haji mabrur adalah haji yang diterima dan diridhai oleh Allah swt. karena ibadah hajinya telah dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih.

Predikat haji mabrur seperti halnya pahala, hanya Allah swt.yang tahu. Tak ada sertifikat tertulis yang dapat ditunjukkan sebagai bukti keberhasilan meraih “haji mabrur” seperti secarik kertas ijazah pada lembaga-lembaga pendidikan.

Mereka yang pergi haji jelas berharap mendapatkan haji yang mabrur karena balasannya adalah surga sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

الْحَجَّةُ الْمَبْرُورَةُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

yang artinya :

“Tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga.” (HR An-Nasa’i)

Perihal mabrur, ada banyak pendapat para ulama. Pertama, adalah haji yang tidak tercampuri kemaksiatan, dan kata “al-mabrur” itu diambil dari kata al-birr yang artinya ketaatan. Dengan kata lain  haji yang dijalankan dengan penuh ketaatan sehingga tidak tercampur dengan dosa. Pendapat ini menurut Muhyiddin Syarf an-Nawawi, dipandang sebagai pendapat yang paling sahih.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu wawasan untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here