Hasad yang Harus di Hindari Dalam Diri Sendiri Seseorang

0
145
Hasad

Hasad merupakan salah satu akhlaq tercela , mengapa dikatakan akhlaq tercela ? Karena  merupakan sifat Iri atau dengki terhadap orang lain. Hasad termasuk sifat seseorang yang tidak senang akan kenikmatan orang lain bila mendapat keberuntungan, kenikmatan dan karunia Allah SWT terhadap seseorang.

Sebagaimana telah disebutkan dalam QS. An-Nisa Ayat 32 yaitu:Artinya : “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Bahayanya Apabila seseorang memiliki sifat iri atau dengki akan kelebihan orang lain maka ia akan selalu tidak tenang dalam hidupnya. Memiliki sifat dengki akan selalu merasa tidak bisa merasakan sifat ikhlas. Bahkan sifat hasad akan membuat dirinya tidak puas akan apa yang diberikan atau ditakdirkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. yaitu :Artinya : “dari [Abu Hurairah] bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kabaikan seperti api memakan kayu bakar.” (Hadits Abu Daud No. 4257)

Memelihara sifat dengki dan iri hati tidak akan memberikan keuntungan apapun melainkan akan mendapatkan merugikan untuk diri sendiri dan orang lain. Kita harus bisa menemukan cara menghilangkan sifat egois dan cara menghilangkan sifat angkuh yang bisa menjadi asal muasal sifat iri dengki kepada orang lain. Mempertahankan sifat dengki tidak akan memberikan kita hal yang baik selain permusuhan, rasa dendam, perpecahan dan kesengsaraan pada diri sendiri.

Cara Menghindari sifat hasad dapat kita lakukan dengan memperbaiki diri sendiri dalam beberapa aspek kepribadian seperti telah tercantum di uraian sebelumnya. Agar kita bisa benar-benar terbebas dari menjadi orang yang dengki, sebaiknya kita memperbanyak berdoa kepada Allah swt agar selalu dilindungi dari sifat hasad dan menjadi orang yang ikhlas.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here