Hukum Haji yang Harus di Ketahui Oleh Setiap Muslim

0
26
Hukum Haji

Hukum haji ialah fardu’ain atau ibadah yang diwajibkan kepada setiap muslim bagi yang mampu, baik itu secara finansial maupun secara fisik dan mental.

Haji merupakan rukun Islam yang ke lima, diwajibkan kepada setiap muslim yang mampu untuk mengerjakan. jumhur Ulama sepakat bahwa mula-mulanya disyari’atkan ibadah haji tersebut pada tahun ke enam Hijrah, tetapi ada juga yang mengatakan tahun ke sembilan hijrah.

Namun masih banyak saudara-saudara kita diluar sana yang dari segi finansial mampu namun hatinya belum tersentuh untuk menunaikan ibadah haji. Adapula yang sebaliknya, mereka yang dari segi finansial sangat kurang akan tetapi memiliki keinginan yang kuat untuk melaksanakan ibadah haji ini.

Nabi bersabda di dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh imam Ahmad yang artinya sebagai berikut :

Dari ibnu Abbas, telah berkata Nabi SAW : Hendaklah kamu bersegera mengerjakan haji, maka sesungguhnya seseorang tidak tidak akan menyadari, sesuatu halangan yang akan merintanginya”. (H.R. Ahmad)

Rasulullah saw pernah bersabda :

“Islam dibangun di atas lima, kesaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah, mendirikan Shalat, membayar Zakat, Haji ke Baitullah, dan Puasa d bulan Ramadhan.” – Muttafaq ‘Alaih

Dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa Ibadah Haji itu merupakan suatu kewajiban bagi kaum muslimin yang mampu. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, boleh enggak melakukan Ibadah Haji lebih dari satu kali ? dan apa hukum haji tersebut ?

Setiap orang hanya diwajibkan mengerjakan ibadah haji satu kali saja dalam seumur hidupnya, tetapi tidak ada larangan untuk mengerjakan lebih dari satu kali.

Sebagaimana Hadist riwayat dari Abu Daud, Ahmad, dan di Shohihkan oleh Al-Hakim yang artinya :

“Haji itu sekali dan barang siapa melakukannya lebih dari sekali maka itu sunnah.”

Jadi berdasarkan hadist di atas, hukum Haji lebih dari sekali adalah Sunnah, namun Haji itu di sunnahkan jika dikerjakan sekali dalam setiap lima tahun.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here