Jabal Rahmah dan Sejarah Pengertiannya

0
1011
Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan sebuah bukit dimana tempat bertemunya kembali Nabi Adam dan Siti Hawa setelah dipisahkan dan diturunkan dari Surga nya Allah swt, Jabal Rahmah sendiri merupakan bukit batu.

Dari asal katanya, Kata rahmah memiliki arti kasih sayang. Sebuah nama yang diambil dari kisah masyhur di kalangan umat Islam, kisah pertemuan antara Adam dan Hawa setelah sekian lama tak berjumpa. Ketika Adam dan Hawa diturunkan ke bumi, mereka ditempatkan secara terpisah.

Jabal Rahmah yang merupakan bukit batu dengan tinggi hanya sekitar 70 meter dan bisa dinaiki melewati batu-batuan terjal. Perjalanan dari bawah kaki bukit hingga sampai ke monumen Adam dan Hawa biasanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.

Berdasarkan pendapat kajian para Ulama, dilasir dari ‘Haji dari Masa ke Masa,  kemungkinan Nabi Adam diturunkan di negeri India, sedangkan Hawa diturunkan di Irak. Di titik itulah kini berdiri monumen putih  yang menjadi tanda pertemuan kedua manusia pertama tersebut. 

Bukan hanya tempat pertemuan Adam dan Hawa saja, tetapi Jabal Rahmah juga merupakan salah satu bukit yang menjadi tempat diturunkannya wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad SAW tatkala beliau melakukan wukuf. Sebgaimana Firman Allah swt dalam QS Al-Maidah yang artinya :

” Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

Di Puncak Jabal Rahmah pun dibangun sebuah monumen dari beton persegi empat dengan lebar kurang lebih 1,8 meter dan tingginya 8 meter. Menuju puncak bukit ini, dibangun infrastruktur yang memadai sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk mencapainya. Infrasktruktur ini berupa jalanan berbentuk tangga dengan 168 anak tangga menuju puncak Jabal Rahmah.

Ulama Saudi sendiri sudah menegaskan bahwa berziarah ke Jabal Rahmah bukanlah hal yang disunnahkan apalagi diwajibkan, nyatanya banyak peziarah berdatangan dan berdoa menengadahkan tangan di sana saat wukuf. Lebih-lebih jamaah Indonesia, mereka memadati bukit ini saat wukuf tanggal 9 Dzulhijjah. Tak heran jika kita dapati coretan-coretan nama-nama orang Indonesia di tugu monumen putih. Karena Banyak yang percaya, jika berdoa minta  jodoh di Jabal Rahmah maka akan cepat terkabul permintaan tersebut. Hal ini juga yang menjadi daya tarik jamaah.

 

Semoga Informasi  ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here