Jabal Tsur yang Menjadi Saksi Sejarah Rasulullah SAW

0
36
Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah sebuah gua yang berada di kota Mekkah yang terletak sekitar tujuh kilometer dari Masjidil Haram, tempat tersebut yang menjadi saksi sejarah adanya keajaiban yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW.

Gua Tsur berada di salah satu puncak Jabal Tsur, sebuah gunung yang cukup tinggi, terjal dan berbatuan. Struktur dan bentuk gunung ini menyulitkan para peziarah untuk mendaki sampai ke Gua Tsur. Bahkan, upaya pendakian gunung tersebut sering mendatangkan bahaya dan korban jiwa.Gua ini mempunyai dua pintu masuk yang terletak di bagian depan dan bagian belakangnya. Jika dilihat secara sepintas, bentuk gua ini menyerupai bentuk kuali.

Para jamaah haji maupun umrah pada umumnya selalu mengunjungi lokasi ini ketika sedang berada di Tanah Suci. Di gua yang berada di Jabal Tsur itulah Rasulullah SAW diselamatkan dari orang Quraisy yang mengejarnya.

Dalam sejarah Islam, Gua Tsur sangat erat kaitannya dengan sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasulullah akan hijrah menuju Kota Madinah. Dalam perjalanan hijrah ini Nabi Muhammad SAW ditemani Abu Bakar bersembunyi dan beristirahat selama tiga hari dalam perjalanan hijrah tersebut

Gua ini tidak terlalu besar, hanya cukup dimasuki orang tanpa berdiri tegak. dan di tempat unu juga Selama tiga hari tiga malam Rasulullah bersembunyi di sana, di gua itulah Rasulullah SAW bersama Abu Bakar Shiddieq bersembunyi selama tiga hari dari kejaran kaum kafir Quraisy ketika hijrah ke Madinah Al-Munawwarah.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersembunyi di dalam gua Jabal Tsur dari kejaran kaum Quraisy yang ingin membunuh beliau. Disertai oleh sahabat Abu Bakar Shiddiq, Rasulullah SAW bersembunyi di gua Tsur hingga tiga hari lamanya. Abu Bakar sendiri sempat cemas, karena hanya sejengkal dari dalam gua kaki Rasulullah bisa terlihat di luar.

Oleh karena itu, jabal tsur sempit ini bukan sembarang gua. Di sanalah pernah terjadi sebuah peristiwa yang

memperlihatkan perjuangan penegakan Islam pada masa awalnya.

Gua ini menjadi saksi bisu pengorbanan kaum Muslim juga wujud nyata pertolongan Allah, sebuah keajaiban akan datang bagi hambanya yang sedang dalam kesulitan.

Semoga informasi ini dapat  bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here