Jabal Uhud dan Keistimewaannya yang Harus di Ketahui

0
121
Jabal Uhud

Jabal Uhud Merupakan salah satu bukit yang dijanjikan Allah swt kelak ada di surga, Jabal Uhud memiliki keistimewaan tersendiri, tidak sama seperti gunung atau bukit lainnya di Kota Madinah.

Sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda yang artinya :

“Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga”  (HR Bukhari).

Bukit Uhud atau Jabal Uhud merupakan sebuah bukit berjarak 5 kilometer dari utara Kota Madinah dengan ketinggian sekitar 1.077 meter, selalu dikenang oleh umat Islam karena di lembah gunung itu pernah terjadi peperangan besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada tanggal 15 Syawal 3 Hijriyah (Maret 625 Masehi) yang menyebabkan 70 pejuang Islam mati syahid.

Di lembah bukit ini pernah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin sebanyak 700 orang melawan kelompok musyrikin Mekah sekitar 3.000 orang. Dalam pertempuran tersebut kaum muslimin yang gugur sampai 70 orang syuhada, di antaranya paman Nabi, Hamzah bin Abdul Muththalib, yang digelari Asa­Dullah wa Asadur Rasul (Singa Allah dan Rasul-Nya), Mush’ab bin Umair, dan Abdullah bin Jahsyin.

Sebagaimana Sabda Muhammad SAW yang artinya :

“Mereka yang dimakamkan di Uhud tak memperoleh tempat lain kecuali ruhnya berada di dalam burung hijau yang melintasi sungai surgawi. Burung itu memakan makanan dari taman surga, dan tak pernah kehabisan makanan. Pada syuhada itu berkata siapa yang akan menceritakan kondisi kami kepada saudara kami bahwa kami sudah berada di surga.”

Maka Allah swt berfirman dan berkata dalam Al-Quran yang artinya :

“Aku yang akan memberi kabar kepada mereka.”

Maka dari situ kemudian turun ayat (Qs 3:169) yang berbunyi :

“Dan janganlah mengira bahwa orang yang terbunuh di jalan Allah itu meninggal.”

Maka dari itu Kecintaan Rasulullah SAW kepada para syuhada Uhud, terutama Hamzah mendorong beliau melakukan ziarah ke Jabal Uhud hampir setiap tahun. Jejak ini diikuti pula oleh beberapa khalifah setelah Rasul wafat.

Maka dari itu Jabal Uhud menjadi salah satu tempat penting untuk diziarahi oleh para pengunjung, khususnya para jamaah haji.

Semoga Informasi  ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here