Jannatul Baqi Menjadi Tempat Bersejarah di Madinah

0
116
Jannatul Baqi

Jannatul Baqi merupakan sebuah pemakaman utama yang terletak di Madinah, Arab Saudi. Pemakaman ini menjadi salah satu pemakaman termasyur dalam sejarah Islam, mengingat banyak orang dekat Nabi Muhammad SAW.

Jannatul Baqi atau yang biasa juga disebut makam baqi merupakan bagian bumi yang Allah subhanahu wa ta’ala perintahkan kepada Rasulullah SAW untuk dijadikan pekuburan kaum muslimin di Madinah. Dan sekarang tempat ini menjadi salah satu tempat bersejarah yang paling dekat dengan Masjid Nabawi.

ditempat ini terdapat sekitar 10 ribu orang keluarga dan sahabat Nabi, sehingga pemakaman ini sangat dimuliakan. Kompleks pemakaman ini terdiri dari tanah yang lembut dan tidak berbatu-batu. Pemakaman ini berada di sebelah tenggara Masjid Nabawi. Tanah lapang pekuburan dipagari dengan marmer yang tinggi. Luasnya mencapai 180.000 m2. Pemerintah Arab Saudi menaruh perhatian besar terhadap pemakaman ini. Karena kedudukannya bagi umat Islam dan nilai historis yang berkaitan dengan Nabi Muhammad sallallahi alaihi wa sallam.

Menurut bahasa, Jannatul Baqi memiliki arti tempat di mana terdapat tunggul berbagai jenis pohon. Dari arti itulah dinamakan Baqi’ Al-Gharqad. Sedangkan Al-Gharqad adalah pohon berduri yang sangat besar. Berbagai sumber sejarah menunjukkan bahwa yang pertama kali dikubur di tempat suci itu adalah sahabat yang mulia, Utsman bin Mazh’un. Kemudian di sampingnya dimakamkan Ibrahim, putra Rasulullah.

Dulu, Baqi’ Al-Gharqad merupakan kebun dengan banyak pepohonan berduri. Namun, karena kaum Muslimin ingin sekali dikuburkan di Baqi’ mereka pun menebang pepohonan yang ada di sana untuk dijadikan pemakaman. Rasulullah SAW sendiri sering pulang pergi ke Baqi’. Beliau pergi ke Baqi’ malam hari, lalu berdoa dan memohonkan ampunan bagi penghuninya.

Sebagaimana riwayat dari Ibnu Umar, Nabi SAW bersabda yang artinya :

“Siapa yang mampu meninggal di Madinah, hendaklah dia meninggal di Madinah. Sesungguhnya aku akan memberi syafaat bagi siapa saja yang meninggal di sana.”
(HR. Ahmad).

Keutamaan Jannatul Baqi

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang keutamaan Pemakaman Baqi. Dalam sebuah hadits  artinya :

“Siapa yang bisa meninggal di Madinah, silahkan meninggal di Madinah. Karena aku akan memberikan syafaat bagi orang yang meninggal di Madinah.” (HR. Turmudzi 3917, dishahihkan an-Nasai dalam Sunan al-Kubro (1/602) dan al-Albani).

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here