Jeddah Menjadi Salah Satu Pelabuhan Utama di Arab

0
70
Jeddah

Jeddah adalah kota pelabuhan utama yang berada di Arab Saudi baik pelabuhan laut maupun pelabuhan udara. dan Terletak di tepi Laut Merah dan sebagaimana kota-kota lainnya di Arab Saudi, dan memiliki cuaca Iklim Gurun.

Menurut sumber yang  dibawa oleh jamaah haji, Kata Jeddah berasal dari kata Bahasa Arab Jaddah yang berarti nenek sebab disana ada makam yang diyakini sebagai makam Hawa istri Nabi Adam yang merupakan nenek moyang manusia. Sumber lain mengatakan bahwa Jeddah berasal dari kata Jiddah dalam bahasa Arab yang berarti lepas pantai.
Sebagai kota dagang, kota ini mempunyai fasilitas kota yang cukup memadai. Pelabuhan lautnya merupakan pelabuhan utama yang merupakan sentral perdagangan menuju berbagai negara khususnya negara-negara di pesisir timur Afrika, serta Yaman. Pelabuhannya merupakan pelabuhan bebas.

Sebelumnya kota pelabuhan ini hanyalah sebagai desa nelayan pada 2500 tahun yang lalu. yang didirikan pada tahun 647 M oleh  Khalifah Utsman bin Affan yang akhirnya digunakan sebagai pelabuhan untuk kepentingan jamaah haji terutama pada masa-masa perjalanan jamaah haji dilakukan melaui laut, bukan melalui udara seperti sekarang ini.

Karena bukan kota suci, maka penduduk Jeddah juga beragam. Jika di Makkah dan Madinah (wilayah haram) orang nonmuslim tidak diperkenankan ada di dalamnya, maka di Jeddah orang nonmuslim pun bisa tinggal di sini. Karena itulah Jeddah menjadi pusat perdagangan internasional di Arab Saudi. Pengusaha dari berbagai penjuru dunia diperkenankan masuk kota ini, dan melakukan kegiatan bisnis, tapi harus mengikuti aturan-aturan yang ada tentunya

Jeddah memiliki ciri khas yang berbeda. Baik kondisi wilayah atau pun suhu. Saat tiba di Madinah, jemaah haji Indonesia bisa merasakan teriknya cuaca. Lantaran suhu di sini rata-rata 40-45 derajat celcius. Bahkan untuk di daerah tertentu misalnya Jabal Uhud, suhu bisa mencapai 49 derajat celcius. Di malam hari, cuaca di madinah cukup tinggi, bisa mencapai 40 derajat celcius. Sehingga wajar, meski malam, kadang terasa hangat karena cuacanya tinggi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here