Keutamaan Ramadhan Menurut Nabi

0
463
Keutamaan Ramadhan, Ramadhan Bersama Nabi

Keutamaan ramadhan menurut nabi, ada beberapa hal yang harus diketahui bagi ummat muslim, yaitu:
1. Ramadhan adalah bulan diturunkan­nya Al-Qur’an

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :
“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS. Al Baqarah: 185)

2. Setan-setan dibelenggu, pintu-pin­ tu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Artinya :
“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

3. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan
Allah berfirman,

 

Artinya :
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”(QS.Al-Qadr:1-3)

Allah juga berfirman,

 

Artinya :
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringat­an.” (QS.Ad-Dukhan:3). Yang dimaksud malam yang diberka­hi adalah malam lailatul qadar.

4. Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda,

 

Artinya :
“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan apabila setiap muslim memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.”

 

Referensi:
Buku Ramadhan Bersama Nabi
Penulis, Muhammad Abduh Tuasikal
Halaman 1-3

 

Itulah keutamaan bulan Ramadhan menurut Nabi yang harus diketahui bagi ummat Islam. Selanjutnya, apa saja yang harus kita amalkan di bulan ramadhan ini ? pastinya salah satunya artikel tentang manfaat puasa ramadhan menurut Nabi, ikuti dan baca terus artikel tentang ramadhan bersama Nabi di Persada Indonesia.

Apa itu Persada Indonesia ? Persada Indonesia adalah perusahaan travel Umroh dan Haji yang paling hits di Indonesia. Penasaran ? baca disini : Persada Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here