Keutamaan Shalat Tahajud Pada Waktu di Malam Hari

0
129
Keutamaan shalat tahajud

Keutamaan-shalat-tahajud salah satu shalat yang memiki banyak sekali manfaat juga keutamaan. Diantara manfaat dan keutamaan shalat tahajud ialah jalan meraih ridha Allah swt, dikabulkannya doa-doa dan juga pencegah dari berbuat dosa.

Karna barang siapa yang menjalankan Perintah Allah swt pada saat di sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, maka orang-orang yang memohon (berdoa) pasti Allah akan kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan ku berikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan ku ampuni baginya sampai tiba waktu Subuh.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang keutamaan shalat tahajud :

“Hendaklah kalian melaksanakan shalat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

dan  barang siapa yang melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam Keutamaan/ kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat. Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Karna setiap makhluk hidup akan mati dan mati dalam keadaan Husnul khotimah didambakan oleh semua orang yang beriman. Husnul khotimah adalah mati dalam kondisi baik dan dijamin masuk surga. Berdoa shalat tahajud akan mengingatkan diri kita kepada Allah karena kematian pasti akan menjemput kita tanpa kita sadari. Semoga dengan terus melakukan shalat tahajud bisa membawa kita ke husnul khotimah.

Keutamaan shalat tahajud yang paling istimewa adalah akan mendapatkan jaminan masuk surga dari Allah swt. Ini sesuai dengan keterangan dari sabda Rasulullah SAW :

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here