Manfaat Puasa Senin dan Kamis yang Harus diketahui

0
160
Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Manfaat puasa senin dan kamis yaitu sangat banyak sekali, Ibadah puasa sunnah senin kamis adalah salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Rasulullah SAW sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah ini.

Sebagaimana Rasulullah sangat menyukai berpuasa di hari senin dan kamis, Rasulullah SAW pernah di tanya tentang puasa hari senin, beliau menjawab

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya:

“Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Di jelaskan dalam salah satu hadits tentang puasa hari kamis, Rasulullah SAW bersabda :

وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ

Artinya:

“Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa senin dan kamis :

1. Manfaat puasa senin dan kamis yaitu untuk kesuksesan, bahwa menunaikan puasa senin kamis doa seseorang untuk memperoleh kesuksesan bisa lebih mustajab dan cepat terkabul.

2. Manfaat puasa senin dan kamis bagi wanita, puasa senin kamis juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

3. Manfaat puasa senin dan kamis untuk jodoh, puasa sunnah senin kamis untuk mempermudah seseorang dalam menemukan jodoh.

4. Dapat meningkatkan amalan, Dengan berpuasa, kita akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

5. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur, Dengan berpuasa, rasa simpatik kita terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang memiliki keberuntungan yang masih jauh dibawah kita. Dan dengan begitu akan menjadikan kita lebih tahu Cara Mensyukuri Nikmat Allah SWT.

6. Mengeluarkan racun dalam tubuh, puasa puasa senin kamis dapat meneluarkan toksin atau racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain itu berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolah raga saja. Namun, Anda harus berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

Semoga informasi manfaat puasa senin dan kamis ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here