Masjid Jumeirah Dubai yang Sangat Indah dan Elegan

0
28
Masjid Jumeirah

Masjid Jumeirah Dubai merupakan Masjid yang dijadikan Landmark di kota Dubai khususnya Daerah pesisir pantai Jumeirah.Masjid ini dibangun pada tradisi Fatimiyah abad pertengahan, struktur batu ini merupakan penghargaan untuk arsitektur Islam modern. Dan apabila berjalan melalui Masjid saat matahari terbenam, anda akan menyaksikan pemandangan yang indah dari arsitekturnya yang sangat elegan.

Pada jaman dahulu area Masjid Jumeirah Dubai ini merupakan tempat dimana para Nelayan mencari Mutiara, dan pedagang (asing) bertempat tinggal. Namun setelah tahun 1960, Jumeirah menjadi area utama para Expatriat Barat yang kaya bermukim.

Masjid Jumeirah Dubai ini dibangun dengan tradisi abad pertengahan dikombinasikan dengan bahan bangunan modern. Tempat ini Dianggap sebagai salah satu masjid paling menarik di Dubai, “Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding” mengatur kunjungan ke Masjid Jumeirah untuk non-Muslim, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman budaya dan sebagai wawasan untuk mengenal lebih dalam tentang agama Islam.

Masjid Jumeirah Dubai  bukan hanya dijadikan sebagai sarana ibadah bagi kaum Muslim saja, melainkan juga bangunan kebanggaan warga Dubai pada umumnya. Masjid ini memiliki Daya tampung yang lumayan luas bisa mencapai 1.200 orang jamaah. Enam hari dalam sepekan, masjid ini terbuka bagi para turis, termasuk mereka yang non-Muslim dengan tentu saja mematuhi syarat berpakaian islami.

Masjid Jumeirah Dubai memiliki Gaya arsitektur yang mengikuti tradisi klasik dari zaman Dinasti Fatimiyyah yang berpusat di Mesir. Meskipun begitu, nuansa modernitas juga mencuat. Perancang masjid ini merupakan sebuah firma kelas dunia, Hegazi and and Moaez Consultant Office.

Masjid ini terdapat sebuah kubah utama dan empat buah kubah yang berukuran lebih kecil di tiap empat sudut dasarnya. Bila diperhatikan, permukaan luar kubah itu menampilkan tekstur ukiran yang berpola begitu indah. Pada setiap ujungnya terdapat simbol bulan sabit berwarna keemasan. Pola ukiran yang sama juga dijumpai pada dinding luar masjid ini, khususnya di pinggiran jendela atau lengkung pilar.

Keseluruhan bangunan Masjid Jumeirah Dubai ini terbuat dari batu putih berkualitas tinggi. Dilihat dari depan, penampakan masjid ini begitu anggun. Dua menara kembar yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri menampilkan nuansa arsitektur klasik Mesir di zaman keemasan Islam.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here