Masjid Terapung Jeddah Serta Keindahannya

0
88
Masjid Terapung

Masjid Terapung merupakan sebuah masjid yang paling populer di Kota Jeddah, Arab Saudi. Bagi jamaah haji nama Masjid Terapung di jeddah ini seolah sudah melekat dalam daftar kunjungan yang disiapkan oleh para penyelenggara ibadah haji dan umrah Tanah Air.

Masjid terapung berada terletak di kawasan Corniche Jeddah, kawasan baru yang di kembangkan oleh otoritas setempat sebagai kawasan wisata di sepanjang pantai laut merah. Kota Jeddah sendiri sudah berdiri sejak sebelum islam, namun awal dari perkembangan pesat kota ini berawal dari masa pemerintahan Khalifah Usman Bin Affan.

Dulunya Masjid Terapung ini dikenal dengan nama Masjid Fatimah. Sekarang nama resmi disandangnya adalah Masjid Al-Rahmah. Nama ini sengaja dipakai untuk mencegah kesalahpahaman wisatawan. dikarenakan banyak beranggapan kalau masjid tersebut berkaitan dengan Fatimah, salah satu putri Rasulullah. Padahal sebenarnya tidak ada kaitannya sama sekali.

Meski begitu, masjid terapung Jeddah tampaknya lebih familiar di telinga warga setempat. Ada juga yang menyebutnya masjid putih Jeddah karena bangunan ini berwarna serba putih. Padahal, masjid ini tidak benar-benar terapung. Melainkan berada di tepian Laut Merah, namun ada bagian masjid yang memang menjorok ke laut.

Disebut Masjid terapung karena masjid ini dibangun di atas pilar-pilar terendam air Laut Merah, sehingga tampak seperti mengambang di tengah lautan. Bagi mereka yang tak bertujuan untuk ibadah atau menenangkan diri, Masjid Al-Rahma tetap memiliki daya tarik tersendiri. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung untuk sekadar menikmati arsitekturnya yang unik atau menanti matahari terbenam mengecup kubah masjid.

Masjid terapung ini dapat menyuguhkan pemandangan indah bagi mata. Bagian luarnya menampilkan perpaduan antara arsitektur modern dengan seni bangunan Islam kuno. Tak hanya desain unik eksteriornya, bagian dalam masjid juga dibangun dengan interior tak kalah mengagumkan, bagian ruangan shalat yang luas dan langit-langit yang indah, lengkap dengan lampu besar yang tergantung di tengah-tengah. Tulisan-tulisan kaligrafi menghiasi sekeliling dinding ruangan shalat dengan indahnya serta Kubahnya yang dihiasi lampu temaram sehingga terlihat sangat indah di kala malam.

Karena terletak di tepi laut dengan keindahan pemandangan dan bangunan masjid yang menarik tersebut, masjid ini membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke sana, dan sekarang masjid ini  menjadi salah satu destinasi favorit.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here