Mengucapkan Salam Dengan Baik dan Benar

0
559
Mengucapkan salam

Mengucapkan salam menurut kamus besar bahasa indonesia adalah damai atau pernyataan hormat. Sedangkan ucapan Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh memiliki arti  “semoga keselamatan, keberkahan, dan kasih sayang (rahmat) dari Allah SWT menyertai Anda/kalian”.

Mengucapkan Salam merupakan salah satu akar kata ISLAM, yang artinya damai dan menebarkan kedamaian & keselamatan.

Salam juga termasuk nama indah Allah SWT (Asmaul Husna). Sebagaimana Hadits Dari Ibnu Mas’ud ra, Rasulullah Saw bersabda:

“As-Salam termasuk salah satu asma Allah Ta’ala yang diletakkan Allah dibumi, maka sebarkanlah. Karena apabila orang muslim melewati sekelompok orang, lalu ia memberi salam kepada mereka, maka ia memiliki kelebihan satu derajat diatas mereka dengan mengingatkan salam kepada mereka. Jika mereka tidak menjawabnya, maka ia dijawab oleh yang lebih baik dari mereka (yakni para malaikat)” (HR. Al-Bazzar dan Baihaqi).

Karena salam adalah salah satu nama dari nama-nama Allah, kalimat ‘Assalaamu ‘alaik’ juga bisa berarti “Allah bersamamu” atau “engkau dalam penjagaan Allah” sehingga keselamatan pun menyertaimu.

Sebagaimana Firman Allah swt telah menegaskan hal ini  dalam Al-Quran yang artinya :

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah pengormatan itu dengan lebih baik daripadanya. Atau balaslah penghormatan itu (dengan yg serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas segala sesuatu” ( QS An-Nisaa’ : 86)

Hukum mengucapkan salam adalah SUNAH, namun menjawabnya adalah WAJIB. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menebarkan salam antar sesama Muslim. Sebagaimana haditsnya :

“Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali silaturahmi, dan shalatlah ketika orang-orang sedang tertidur nyenyak, niscaya kalian akan masuk surga dengan damai” (HR. Tirmidzi dari Abdullah bin Salam ra).

QS An-Nisa:86 juga mengingatkan kepada kita, bahwa jika ada orang yang mengucapkan salam, maka jawablah dengan proporsional (seimbang) dan lebih baik lagi jika kita “lebihkan” jangan di kurangkan.

Misalnya, ada yang mengucapkan “Assalamu’alaikum”, maka minimal kita jawab “Wa’alaikum salam”, dan lebih baik lagi jika kita jawab “Wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh” atau dalam bahasa tulisan “Wa’alaikum Salam Wr Wb.”

Karena semakin lengkap ucapan salam kita, maka semakin lebih baik dan makin besar hitungan pahalanya.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here