Miqat Makani Tempat dimulainya Kegiatan Haji & Umroh

0
21
Mikat Makani

Miqat Makani adalah sebuah miqat yang berhubungan dengan tempat atau batas yang ditentukan. Sebagaimana Dalam sebuah hadist Ibnu Abbas ra berkata:

“Bahwa Nabi SAW telah menentukan tempat permulaan ihram bagi penduduk Madinah di Dzulhulifah, bagi penduduk Syam di Juhfah, bagi penduduk Nejed di Qarnul Manazil dan bagi penduduk Yaman di Yalamlam”.

Dan beliau pun bersabda yang artinya :

“Tempat-tempat itulah untuk (penduduk) mereka masing-masing dan untuk orang-orang yang datang di tempat-tempat tadi yang bermaksud hendak mengerjakan ibadah haji dan umrah. Adapun orang-orang yang tinggal (di dalam daerah miqat), maka dia (berihram) dari tempatnya sehingga orang Makkah pun supaya memulai ihramnya dari Makkah pula.

Miqat Makani juga merupakan tempat dimulainya kegiatan haji dan umroh yang telah ditetapkan dalam syariat. Di tempat ini seorang muslim hanya menggunakan 2 helai kain putih yang merupakan simbol telah ditinggalkannya segala kenikmatan dunia. Terdapat lima Miqat Makani di dunia yaitu :

  1. Dzul Hulaifah (sekarang Abyar ‘Ali atau Bir ‘Ali) – miqat bagi penduduk Madinah dan yang datang melalui rute mereka.
  2. Al-Juhfah (dahulu Mahya’ah) – miqat bagi penduduk Arab Saudi bagian utara dan negara-negara Afrika Utara dan Barat, serta penduduk negeri Syam (Lebanon, Yordania, Syiria, dan Palestina) atau yang melewati rute mereka. banyak orang yang datang dari arah Syam, Mesir, maghribi dan negeri-negeri tersebut. Juhfah adalah nama suatu kampung di antara Mekah dan Madinah. Kampung itu sekarang telah rusak(roboh), kampung yang dekat padanya ialah Rabig. Orang-orang yang telah datang dari negeri-negeri tersebut sekarang mulai ihram apabila mereka telah melalui sejajar dengan Rabig.
  3. Qarnul Manazil (sekarang As-Sail) – miqat penduduk Najd dan negara-negara teluk, Irak (bagi yang melewatinya), dan Iran dan juga penduduk Arab Saudi bagian selatan di sekitar pegunungan Sarat.
  4. Yalamlam (sekarang As-Sa’diyyah) -nama suatu bukit dari beberapa bukit Tuhamah. Bukit ink adalah miqat orang yang datang dari arah Yaman, Bandara King Abdul Aziz, India, Indonesia dan negeri-negeri tersebut, miqatnya penduduk negara Yaman, Indonesia, Malaysia, dan sekitarnya.
  5. Dzatu ‘Irqin (sekarang Adh-Dharibah) – miqat penduduk negeri Irak (Kufah dan Bashrah) dan penduduk negara-negara yang melewatinya.

Semoga Informasi Miqat Makani ini dapat bermanfaat untuk si penulisnya dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here