Museum Asmaul Husna yang Menjadi Museum Terfavorit

0
67
Museum Asmaul Husna

Museum Asmaul Husna adalah museum yang berisi sembilan puluh sembilan nama baik Allah SWT. Semua terpasang di sepanjang tembok galeri tersebut antara lain Ar-Rahman yang artinya Yang Maha Pemurah, Ar-Rahim artinya Yang Maha Mengasihi, Al-Malik yang artinya Yang Maha Menguasai atau yang Maha Agung, Al-Khaliq yang artinya Yang Maha Pencipta, dan lainnya. Kemudian sepanjang kanan-kiri tembok. Di dalam kitab suci Alquran, Allah SWT disebut juga dengan nama-nama sebutan yang berjumlah 99 nama yang masing-masing memiliki arti definisi / pengertian yang bersifat baik, indah, tulus, agung dan bagus.

Kata asmaul husna berasal dari bahasa arab Al-Asmaau yang memiliki arti nama-nama, beberapa nama dan al-Husnaa yang berarti yang baik, yang indah. Sedangkan Menurut istilah Asmaul Husna memiliki arti nama-nama yang indah bagi Allah. Asmaul Husna hanya layak disandang oleh Allah SWT, sesuai kebesaran dan keagungan-Nya. Asmaul husna Allah bersifat sempurna, sedangkan nama-nama baik bagi manusia banyak memiliki kelemahan.

Berada sekitar luaran pagar masjid Nabawi sebelah barat, museum ini memiliki Tulisan “The Beatiful Names Of Alloh” untuk menyambut pengunjung sebelum memasuki museum tersebut. Museum asmaul husna ini memiliki Perpaduan replika, permainan cahaya, digital printing, lampu lampion dan visualisasi video mewarnai sepanjang perjalanan museum tersebut yang saat ini masih dalam proses pembangunan dan dibuka untuk umum tanpa bayar tiket. Ada sekitar 32 ruangan yang di hitung penulis dalam museum tersebut. Bahasa dalam display yang di gunakan adalah bahasa Inggris namun jangan kuatir bagi Jama’ah yang berasal dari Indonesia ada guide tersendiri yang disediakan oleh pihak museum dengan berbahasa Indonesia. Dan guidenya tersebut sangat-sangat bersemangat apalagi ketika menjelaskan tentang kejadian Tsunami Aceh melalui prespektifnya sampai-sampai air ludah keluar ke semua arah. Museum ini dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang kemudian dibuka kembali dari jam 4 sore sampai jam 9 malam.

Museum ini termasuk menjadi wisata ziarah favorit jemaah haji Indonesia. Setiap harinya, tidak kurang dari 1000 jemaah yang berkunjung ke museum ini,karena lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Nabawi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khusunya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here