Padang Arafah yang di Jadikan Tempat Kegiatan Wukuf

0
124
Padang Arafah

Padang Arafah merupakan tempat yang menjadi puncak dan pertemuan bagi jamaah haji di seluruh dunia. Di tempat ini juga berlangsung wukuf,  pada tanggal 9 Dzulhijah yang menjadi inti ibadah haji. Wukuf di Arafah merupakan rukun Haji yang paling besar dari rukun haji yang lain, Hari wukuf adalah hari yang terbanyak Allah SWT mengampuni manusia dan terbanyak manusia dibebaskan Allah SWT dari neraka. Hal tersebut terdapat dalam hadits.

“Tidak ada juga hari – selain hari kemenangan dalam peperangan Badr – yang terlihat setan begitu terhina dan kecil seperti halnya wukuf di Arafah”

Ibadah wukuf di Arafah dimulai saat matahari tergelincir hingga matahari terbenam. Yang dilakukan saat wukuf yakni salat jamak takdim dan qashar Zuhur-Ashar, berdoa, berzikir, membaca Alquran dan salat jamak takdim dan qashar magrhib-isya.

Arafah adalah nama tempat padang pasir di wilayah Arab Saudi. Kota yang terdekat dengan kawasan padang pasir ini adalah Kota Mekkah dengan jarak sekitar 17 km, di sebelah Timur Kota Mekkah. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, Arafah bermakna ‘mengetahui’ atau ‘mengenali’ dengan kata lain memperkenalkan atau mengenal. Dari sejarah yang diuraikan para ulama, nama Arafah diberikan karena padang pasir ini diyakini sebagai tempat bertemunya kembali Adam dan Hawa setelah terpisah selama 200 tahun. Di padang pasir inilah, keduanya kembali saling mengenal. Adapun pendapat lain mengatakan Kata Arafah diambil dari akar kata yang memiliki arti mengenal atau mengakui karena di sini manusia seharusnya mengenal jati diri dan menyadari dosa-dosanya.

Tepi padang Arafah daerah yang di pinggiran timur mekkah terdapat bukit Jabal Rahmah. Tempat legendaris ini tidak pernah sepi oleh Jemaah Haji maupun Umroh. Sejarah jamal Rahmah merupakan titik pertemuan antara nabi adam dan hawa setelah masing-masing terpisah di antara ujung dunia. Di titik itulah kini berdiri monumen putih tanda pertemuan kedua  manusia pertama tersebut, banyak jamaah haji yang berdoa. Ada pula yang terpesona oleh pemandangan Padang Arafah yang bisa dilihat jelas dari atas Jabal Rahmah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here