Pengertian Ibadah dan Keutamaannya yang Harus di Ketahui

0
148
Pengertian Ibadah

Pengertian Ibadah di dalam syari’at Islam merupakan suatu tujuan akhir yang dicintai dan diridhai-Nya. Karenanyalah Allah swt menciptakan manusia, dan mengutus para Rasul untuk menurunkan Kitab-Kitab suci-Nya. Bagi Orang yang melaksanakannya akan dipuji dan yang enggan melaksanakannya akan dicela.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Quran:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman, Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.’”
[Al-Mu’min: 60]

Pengertian Ibadah di dalam Islam tidak disyari’atkan untuk mempersempit atau mempersulit manusia, dan tidak pula untuk menjatuhkan mereka di dalam kesulitan. Akan tetapi ibadah itu disyari’atkan untuk berbagai hikmah yang agung, kemashlahatan besar yang tidak dapat dihitung jumlahnya. Pelaksanaan ibadah dalam Islam semua adalah mudah.

Di antara keutamaan ibadah bahwasanya ibadah bertujuan untuk mensucikan jiwa dan membersihkannya, dan juga untuk mengangkatnya ke derajat tertinggi menuju kesempurnaan manusiawi.

Karena manusia secara tabi’at adalah orang yang lemah, dan fakir (butuh) kepada Allah swt. Dan jiwa manusia tidak akan pernah merasakan kedamaian dan ketenteraman kecuali dengan berdzikir dan beribadah kepada Allah. Sekalipun seseorang merasakan kelezatan atau kebahagiaan selain dari Allah, maka kelezatan dan kebahagiaan tersebut adalah semu, tidak akan lama, bahkan apa yang ia rasakan itu sama sekali tidak ada kelezatan dan kebahagiaannya.

Dan tidak akan ada yang dapat menenteramkan dan mendamaikan serta menjadikan seseorang merasakan kenikmatan hakiki yang ia lakukan kecuali beribadah kepada Allah semata.
Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

Tidak ada kebahagiaan, kelezatan, kenikmatan dan kebaikan hati melainkan bila ia meyakini Allah sebagai Rabb, Pencipta Yang Maha Esa dan ia beribadah hanya kepada Allah saja, sebagai puncak tujuannya dan yang paling dicintainya daripada yang lain.”

Termasuk keutamaan ibadah juga bahwasanya ibadah dapat meringankan seseorang untuk melakukan berbagai kebajikan serta meninggalkan kemungkaran , dan keutamaan ibadah yang paling besar bahwasanya ibadah merupakan sebab utama untuk meraih keridhaan Allah swt, dapat masuk Surga dan selamat dari siksaan panasnya api Neraka.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here