Pengertian Zakat Fitrah yang Harus di Ketahui

0
6
Pengertian zakat

Pengertian zakat menurut bahasa merupakan membersihkan diri atau mensucikan diri. Sedangkan pengertian zakat menurut istilah adalah ukuran harta tertentu yang wajib dikeluarkan kepada orang yang membutuhkan atau yang berhak menerima dengan beberapa syarat sesuai dengan syariat islam.
Secara umum Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam baik laki-laki, perempuan, besar atau kecil, merdeka atau budak, tua dan muda, pada awal bulan ramadhan sampai menjelang hari raya idul fitri. Zakat fitrah dikeluarkan berupa makanan pokok  yang dibayarkan sebanyak 3,2 liter, atau 2,5 kg. Tujuan zakat fitrah adalah untuk membersihkan jiwa atau menyucikan diri dari dosa-dosanya dan memberikan makan bagi fakir miskin.

Berikut Terdapat beberapa waktu yang diperbolehkan untuk membayar zakat fitrah baik itu yang wajib, sunnah, makruh, dan haram antara lain sebagai berikut :

  • Wajib yang diperbolehkan yaitu mulai dari bulan ramadhan sampai terakhir bulan Ramadhan
  • Waktu yang wajib adalah pada saat terbenamnya matahari pada penghambisan bulan Ramadhan (malam takbiran)
  • Waktu Sunnah, yaitu dibayarkan sesudah shalat subuh, sebelum pergi shalat ied
  • Waktu makruh, yaitu membayar zakat fitrah sesudah shalat ied, tetapi belum terbenam matahari pada hari raya idul fitri.
  • Waktu Haram, yaitu membayar zakat fitrah setelah terbenam matahari pada hari raya idul fitri

Hukum Membayar zakat fitrah atau zakat fitri adalah wajib ain yang artinya wajib bagi umat muslim laki-laki, perempuan, tua atau muda untuk membayarnya.
Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran :

Zakat Fitrah (Pengertia, Hukum, Syarat, Rukun & Ketentuan)Artinya : “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku”. (QS: Al-Baqarah 2: 43).
Zakat Fitrah (Pengertia, Hukum, Syarat, Rukun & Ketentuan)Artinya : “Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat . Dan kebaikan apa saja kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan”. (QS: Al-Baqarah 2:110).
Dari ayat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Allahh
Dari ayat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa Allah swt telah berfirman, Barang siapa yang mengerjakan shalat dan menunaikan zakat maka mereka akan mendapatkan pahala dari Allah swt. dan sesungguhnya Allah maha melihat atas apa yang kamu kerjakan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here