Pentingnya Membaca Al-Quran Dalam Kehidupan

0
5
Pentingnya Membaca Al-Quran

Pentingnya membaca Al-Quran dalam kehidupan ialah dapat dijadikan sebagai pedoman dan pegangan umat muslim, Al Quran merupakan kitab suci agama islam yang merupakan kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril dan disampaikan kepada Nabi Muhammad saw yang terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat, dari masing-masing ayat dan juz memiliki penjelasan secara mendetail mengenai seluruh isi dunia.

Al-Qur’an merupakan ilmu yang paling mulia , karena itulah pentingnya, pentingnya membaca Al-Quran dan mengajarkannya bagi orang lain, mendapatkan kemuliaan dan kebaikan dari pada belajar ilmu yang lainya. Dari Utsman bin Affan radhiyallah ‘anhu , beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhari).

Al Quran yang merupakan suatu pedoman dan pegangan umat muslim, tentu saja kita sebagai umat muslim wajib hukumnya untuk membaca dan memahami Al Quran agar kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk itu terdapat 5 manfaat pentingnya membaca Al-Quran bagi muslim diantaranya yaitu :

  1. Mendapat Ketenangan

Pentingnya membaca Al Qur’an dapat memberikan ketenangan batin. Menurut penelitian seorang dokter ahli jiwa, dimana Al Quran dapat memberikan ketenangan kepada pembacanya yang mendengarkan.Hal ini dibuktikan dengan dalil berikut ini:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

  1. Memberikan Kehormatan Kepada Orang Tua

Nabi Muhammad saw bersabda: “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud).

  1. Mencegah dan Mengatasi Kepikunan

Membaca Al Quran secara rutin dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak kita, sebab, Al Quran merupakan kumpulan wahyu yang sempurna yang dapat menenangkan jiwa, meningkatkan keyakinan dan menyeimbangkan hidup manusia. Itulah pentingnya membaca Al-Quran bagi muslim.

  1. Membersihkan Penyakit Hati

Pentingnya membaca Al-Quran dapat membersihkan penyakit hati, yang dimaksud dengan penyakit hati adalah penyakit yang bersifat batiniyah atau rohaniyah. Seperti, sombong, riya, tamak, dengki, dan penyakit hati lainnya. Dengan membaca Al Quran, penyakit hati secara perlahan dapat dibersihkan. Hal ini sesuai dengan hadist Baihaqi dari Abdullah Bin Umar (sahabat Nabi):

 “Sesungguhnya hati ini (bisa) berkarat sebagaimana besi apabila terkena air. “

Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karat tersebut, ya Rasulullah? Beliau menjawab :

“Perbanyak dzikir dan membaca Al-Quran.“

  1. Mencerdaskan Otak

Berdasarkan penelitian para ahli, pentingnya membaca Al Quran sehabis magrib dan setelah subuh akan meningkatkan kecerdasan sampai dengan 80%. Hal ini dikarenakan, pada waktu tersebut ada pergantian siang ke malam dan sebaliknya. Di mana pada waktu-waktu tersebut terjadi 3 aktivitas sekaligus yaitu melihat, mendengar, dan membaca Al Quran.

Berbagai manfaat yang diberikan  dengan membaca Al Quran, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here