Kenapa Umat Muslim Harus Puasa di Bulan Ramadhan ?

0
809
Kenapa Umat Muslim Harus Puasa di Bulan Ramadha

Puasa di bulan ramadhan diperintahkan sejak tahun ke-2 setelah Nabi Hijrah ke Madinah. Pada tahun itu pula terjadi perang besar pertama antara kaum Muslimin dan musyrikin Makkah.

Pada Al-Qur’an dijelaskan atas perintah berpuasa, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS 2: 83). Perintah puasa ditujukan pada orang-orang yang beriman dan dimaksudkan untuk menjadikan mereka pribadi-pribadi yang luhur dan bertakwa.
Perintah puasa tidak merupakan sesuatu yang baru serta khusus bagi umat Rasulullah SAW. Hal ini telah diperintahkan dan telah dilakukan juga oleh umat-umat terdahulu. Kita tidak mengetahui secara persis tata cara berpuasa yang diterapkan oleh orang-orang di masa lalu.

Sejarah Bulan Ramadhan

Sejarah bulan ramadhan adalah bulan dimana turunnya Al-Qur’an yang menjadi pedoman serta panutan umat islam, dan juga menjadikan acuan untuk menentukan mana yang benar dan juga yang salah, apabila seseorang bisa mencapai atau mendapati bulan Ramadhan maka orang tersebut harus berpuasa, Allah SWT berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS.  Al Baqarah: 185)

Penamaan dari bulan Ramadhan ada beberapa pendapat dari ahli bahasa yang sudah ada pada kitab An-Nawawi (Tahdzib al-asma wa al-lughat) yang sudah dibeberkan
secara jelas :

  1. Ramadhan ini diambil beradasarkan kata ar-Ramidh yang memiliki arti awan/hujan yang datang pada saat musim panas (memasuki musim gugur), dan hujan ini disebut sebagai ar-Ramidh karena hujan ini yang melunturkan panasnya matahari, dan membuat bulan ini disebut sebagai bulan ramahdan karena bisa membersihkan badan dari dosa-dosa yang telah dilakukan, dan ini menurut pendapat dari al-kholil bin ahmad al-farahidi {ulama tabiin ahli bahasa. peletak ilmu ardh(w.170 H)
  2. Ramadhan diambil dari kata ar-Ramd yang memiliki arti panasnya batu yang terkena terik sinar matahari, sehingga membuat bulan ini dinamakan sebagai ramadhan, karena kewajiban untuk berpuasa ini dilakukan pada saat datangnnya musim panas yang terik, sedangkan pendapat ini diutarakan oleh Al-Ashma’i {ulama ahli bahasa dan juga syair arab} w.216 h
  3. Nama Ramadhan ini diambil dari pernyataan yang diberikan orang arab yang memiliki arti mengasah tombak dengan menggunakan dua batu sehinga membuat tombak itu menjadi tajam, bulan ini memiliki nama ramadhan karena pada umummya masyarakat arab pada massa itu tengah mengasah senjata-senjata mereka pada bulan ini, dan senjata ini dipersiapkan untuk berperang pada bulan syawal, sebelum masuk pada bulan haram, dan pendapat ini diriwayatkan oleh al Azhari-ulama ahli bahasa dan juga penulis Tahdzib Al-Lughah 1.370 h

Itulah sejarah bulan Ramadhan dan kenapa umat muslim harus menjalankan ibadah puasa.
Semoga kita selalu diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah ini aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here