Sabar dan Definisinya yang Harus di Miliki Setiap Orang

0
2
Sabar

Sabar menurut Islam dalam Al-Qur’an adalah Sebagaimana Allah swt Berfirman yang artinya:

“Bersabarlah kalian. Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar.”

Dalil ini menunjukkan bahwa sabar itu wajib. Dalam hal ini, seseorang harus menahan diri dari segala ujian yang menimpanya dan itu di anggap berat olehnya, tapi dengan dia menahan diri dengan jalan bersabar, maka dia menjauhkan dirinya dari kemarahan terhadap segala yang menimpanya demi menjaga keimanannya.

Sabar merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh.  Kesabaran merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya, Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupannya dan juga  sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Sebuah Agama tidak akan tegak, dan dunia tidak akan pernah bangkit kecuali dengan bersabar. Karena Sabar adalah keperluan duniawi keagamaan. Tidak akan tercapai kemenangan di dunia dan kebahagiaan di akhirat kecuali dengan bersabar.

Al-Qur’an telah mengisyaratkan pentingnya kesabaran ini. Ketika menyinggung masalah penciptaan manusia dan cobaan penderitaan yang akan dihadapinya, Dalam firman Allah swt surat Al-Insaan [76]: 2 yang artinya :

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang tercampur yang Kami hendak mengujinya dengan perintah dan larangan.”

Kebanyakan akhlak keimanan masuk ke dalam bersabar, ketika pada suatu hari Rasulullah saw ditanya tentang iman, beliau menjawab:Iman adalah sabar. Sebab kesabaran merupakan pelaksanaan keimanan yang paling banyak dan paling penting.
Sebagaimana Firman Allah swt dalam Al-Quran yang artinya :

“Dan orang-orang yang sabar dalam musibah, penderitaan dan dalam peperangan mereka itulah orang-orang yang benar imannya, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”
(QS. Al-Baqarah [2]: 177)

Maka dari itu kita dapat memahami mengapa Al-Qur’an menjadikan sikap ini sebagai kebahagiaan di dunia dan di akhirat, karena dengan bersabar kita akan mendapatkan tiket masuk ke surga dan sarana untuk mendapatkan sambutan dari para malaikatnya Allah swt .

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here