Sujud Syukur dan Pengertian Hukumnya yang Harus diketahui

0
212
sujud syukur

Sujud syukur  merupakan salah satu gerakan di dalam sholat, yang didalamya mengandung pengertian tentang ketundukan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT , dan juga sebagai bukti bagi seorang hamba untuk tunduk dan merendahkan diri kepada sang penciptanya (Allah). Sujud menurut syar’i ialah meletakkan dahi, dua telapak tangan, kedua lutut dan ujung jari kaki diatas tanah dengan penuh kekhusyukan dan penyerahan diri.
Sedangkan arti kata syukur adalah sebuah ungkapan pujian atas sebuah kebaikan atau ucapan terimakasih atau menampakkan nikmat yang telah diberikan Allah swt secara dzahir dan batin. Artinya syukur adalah suatu bentuk terimakasih yang ditampakkan secara lahir dan batin. Contohnya : ketika mendapat nikmat mulut mengucapkan hamdalah, dan hati memuji atas kebesaran Allah. Jadi sujud syukur adalah sujud terimakasih yaitu sujud satu kali pada waktu mendapat nikmat yang menyenangkan atau  terhindar dari musibah.

Hukum bersyukur dan sujud syukur adalah sunnah dan sangat dianjurkan dalam Islam sebagaimana firman Allah swt dalam surat ibrahim ayat 7 yaitu:

”semakin banyak kita bersyukur maka Allah juga akan semakin melimpahkan nikmat kepada kita.”

Adapun bersyukur dengan cara melakukan sujud syukur hukumnya adalah sunah, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan Abu Bakar yaitu :

عن ابي بكرة ان النبي صلي الله عليه وسلم كان اذا اتاه امر يسره او بشر به خر ساجدا شكرا لله تعالي.

Dan ada beberapa riwayat yang dapat kita jadikan teladan sebagai sebab-sebab kita melakukan sujud syukur yang pernah dilakukan Nabi Muhammad saw antara lain:

a. Ketika Nabi saw menerima surat dari sahabat Ali yang isinya menerangkan tentang kabar gembira bahwasanya suku hamzah masuk Islam
b. Ketika Jibril memberi kabar gembira bahwasanya orang yang selalu bershalawat kepada Nabi akan diberi rahmat dan keselamatan
c. Ketika Abu Bakar mendengar berita kematian Musailamah al-Kadzab beliau melakukan sujud syukur

d. Kaab bin Abdul Malik ra melakukan sujud syukur ketika taubatnya diterima Allah swt.

Sedangkan Secara garis besar dapat disimpulkan bahwasanya sujud syukur dapat kita lakukan karena:

1. Mendapat nikmat atau berita gembira
2. Terhindar dari musibah dan

Adapun bacaan sujud syukur yang Biasa di gunakan :

سجد وجهى للذى خلقه وصوره و شق سمعه و بصره بحوله وقوته فتبارك الله  احسن الخالقين

” Wajahku bersujud kepada penciptanya, yang membentuknya, yang membentuk pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatannya. Maha suci Allah sebaik-baik pencipta”.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here