Tata Cara Umroh yang Benar Beserta Penjelasannya

0
206
Tata Cara Umroh

Tata Cara Umroh adalah sebuah metode aturan dimana syaratnya, rukunnya, tempatnya, sampai waktunya dilakukan secara berurutan secara tata cara yang benar. seperti Seumpama dengan melaksanakan sholat yang dimulai dengan niat kemudian diakhiri dengan salam, karena dengan kita mengetahui tata cara umroh yang baik dan benar insya allah  ibadah umroh kita akan terasa lebih baik dan berproses lancar.

Adapun tata cara umroh yang baik dan benar itu antara lain :

1. Ihram
Yaitu dengan memakai pakaian ihram untuk laki-laki dan pakaian apa saja untuk perempuan asalkan sempurna menutup aurat dan tidak menampakkan perhiasan-perhiasan. Sebelum berihram disunahkan untuk mandi besar terlebih dahulu. Ihram dimulai di tempat tertentu atau disebut juga miqat. Diantara tempat Miqat ini yang akan kita jumpai diantaranya adalah Masjid Dzul Hulaifah/Bir Alil, Ji’ronah, dan Tan’im.

Setelah berpakaian ihram kemudian berniat ihram dan mengucapkan “Labbaika ‘umratan, Labbaika allahuma labbaika, labbaika laa syariikalaka labbaika, innalhamda wan ni’mata laka wal mulka laa syariika laka”.

2. Tawaf
Thawaf Merupakan tata cara umroh dimana berputar sebanyak 7 kali putaran. 3 putaran pertama jalan cepat dan sisanya jalan biasa. Thowaf diawali dan diakhiri di hajar aswad dan ka’bah dijadikan berada di sebelah kiri.
Salat 2 raka’at di belakang maqam Ibrahim jika bisa atau di tempat lainnya di masjidil haram dengan membaca surah Al-Kafirun pada raka’at pertama dan Al-Ikhlas pada raka’at kedua.
3. Sai
Setelah melakukan tawaf tata cara umroh selanjutnya ialah melakukan sai dengan kegiatan berlari-lari kecil dari bukit naik ke bukit Shofa dan menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan dan mengucapkan Innash shofa wal marwata min sya’aairillah. Abda’u bima bada’allahu bihi (Aku memulai dengan apa yang Allah memulainya). Kemudian bertakbir 3 kali tanpa memberi isyarat dan mengucapkan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa’dahu wa shodaqo ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu 3x. Kemudian berdoa sekehendaknya.
4. Bercukur rambut (Tahalul)
Setelah melakukan sai tata cara umroh selanjutnya ialah bercukur rambut atau yang biasa disebut dengan tahallul. Boleh dipotong pendek atau hanya sebagian saja. Setelah bercukur rambut maka selesailah rangkaian rukun umrah.

Semoga informasi tata cara umroh ini dapat bermanfaat dan mempermudah para calon jamaah untuk melaksanakan ibadan umrohnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here