Tips Kuat Berpuasa Ramadhan

0
361
tips kuat berpuasa ramadhan,

Tips kuat berpuasa yang harus diketahui, puasa ramadhan menjadi satu aktifitas wajib bagi umat Muslim. Selama masa satu bulan penuh umat Muslim menjalankan ibadah puasa, menahan makan dan minum serta nafsu. Memang bukan mudah untuk menjalankan puasa terutama untuk usia anak-anak. Akan tetapi usia dewasa juga sering mengeluhkan rasa lapar dan haus tidak tertahankan.

Ada beberapa cara agar kuat berpuasa yang mudah diterapkan siapa saja. Oleh karena itu agar kuat menjalankan puasa ramadhan, cobalah beberapa tips berikut ini :
1. Hindari Konsumsi Bubur Ketika Sahur
Cara pertama supaya perut tidak merasa lapar berlebihan ketika berpuasa ialah hindari makanan lembut salah satunya bubur ketika sahur. Mengkonsumsi makanan lembut pada saat sahur akan memberi efek cepat lapar sebab kandungan gula yang tinggi sehingga lebih cepat lapar. Konsumsi makan tinggi serat dan protein sehingga tubuh memperoleh asupan nutrisi yang banyak saat sahur.
2. Jalan-jalan Pada Saat Sore Hari
Para ahli kesehatan menerangkan cara mudah untuk berpuasa agar kuat berpuasa adalah berjalan-jalan pada sore hari. Melakukan aktifitas tambahan sebagaimana jalan-jalan di sore hari bisa memberi efek menarik pada tubuh yaitu memberi latihan fisik untuk menghilangkan stigma di otak mengenai rasa lapar serta lemas akibat kurang minum dan makan.
3. Menghindari Konsumsi Mie Instan Ketika Sahur
Tidak sedikit orang mengkonsumsi mie instan ketika sahur, sementara itu kandungan dalam mie instan masih kurang tepat untuk menu pembuka puasa. Mie instan menyimpan bahan seperti natrium, MSG, hingga lemak jenuh yang mengakibatkan orang merasa haus lebih cepat serta membuat rasa lapar cepat datang sebelum waktunya berbuka.
4. Konsumsi Madu
Salah satu cara supaya kuat berpuasa ialah mengkonsumsi madu yang sangat baik untuk menghasilkan tubuh terasa sehat walaupun menjalankan ibadah puasa. Madu mengandung gula alami sebesar 70-80% ditambah lagi sifatnya yang anti bakteri sangat baik dikonsumsi secara rutin. Jika ingin tetap kuat saat puasa cobalah konsumsi madu serta kurma ketika sahur.
5. Tidur Yang Cukup Ketika Puasa
Cara lain agar bisa kuat puasa yaitu tidur cukup saat puasa. Aktifitas tidur di saat puasa pasti meningkat, maka dari itu nafsu makan meningkat, maka dari itu tidurlah secukupnya agar tidak lapar saat berpuasa.

Berdasarkan tips kuat berpuasa di bulan Ramadhan tersebut, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Marhaban Ya Ramadhan, mari persiapkan dan menyambut Ramadhan 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here