Topkapi Palace Turki dan Keindahan Bangunannya

0
57
Topkapi Palace

Topkapi Palace merupakan salah satu tempat yang jadi prioritas wisata di Istanbul, tempat ini merupakan istana tempat tinggal kekhalifahan Ottoman selama hampir 400 tahun.Tempat ini menyimpan berbagai peninggalan Nabi Muhammad SAW, sahabat dan keluarganya. Selain itu juga ada sejumlah barang penting yang melekat di Kabah tempo dulu.

Topkapi Palace terletak di pinggir pantai Selat Bosphorus, masih di kawasan Sultanahmet yang merupakan old city Istanbul, yang dekat dengan Hagia Sophia dan Blue Mosque, Istana ini di kelilingi tembok besar. Di dalam tembok terdapat bangunan-bangunan tempat raja, keluarga dan para pembantunya. sobat tour ke Turki di dalam areal kerajaan terdapat gedung-gedung tidak terlalu besar. Diantara gedung tersebut terdapat pepohonan dan taman.

Pembangunan istana Topkapi Palace ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed ll. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Tempat ini memiliki total luas sekitar 700.000 meter persegi dan dikelilingi benteng sepanjang sekitar 5 kilometer, Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang, Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Topkapi Palace Turki ini memiliki gerbang utama di bagian dalam lumayan jauh, akan tetapi akan terasa menyenangkan karena kita akan terhibur dengan taman yang indah dengan bunga-bunga berwarna merah merona. Pepohonan hijau yang rindang juga akan menyejukkan siapa saja yang melewatinya.

Topkapi Palace Turki ini kita dapat menikmati keindahan bangunan kesultanan jaman dahulu, mulai dari keramik dengan berbagai motif indah, juga kaligrafi yang tertempel di dinding-dinding setiap ruangannya. Selain itu, langit-langit bangunan dihias kaligrafi dan warna yang sangat menarik tak hentinya membuat kami mengagumi tempat ini. Ada juga perhiasan cincin, kalung, gelang emas yang dihiasi dengan batu-batu permata warna-warni. Wadah minuman dan cangkir yang sisi luarnya bertahtakan permata. Kursi raja yang dibungkus emas dan diperindah dengan batu permata warna-warni yang sangat indah.

Tidak hanya keindahannya ditempat ini juga kita dapat melihat  peninggalan Nabi Muhammad SAW, Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Daud, dan sahabat Nabi, dan dibagian dalam istana ini juga terdapat sebuah ruangan dimana ruangan ini akan terdengar lantunan ayat suci Al-Quran yang 24 jam diperdengarkan nonstop. Ada 3 orang yang bergantian membaca Alquran selama 24 jam sejak Istana Topkapi berdiri.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk si penulis dan khususnya untuk para pembacanya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here