Apakah Setelah Umroh Boleh Berhubungan?

22 Juli 2023

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang merasa bingung, apakah setelah umroh boleh berhubungan? Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa hal yang dilarang ketika melaksanakan umroh yaitu dimulainya memakai kain ihram hingga selesainya berihram. 

Mengetahui apa boleh melakukan hubungan setelah umroh perlu Anda ketahui dengan baik. Mengapa? Karena hal tersebut dapat menghindarkan melakukan hal-hal yang dilarang ketika melaksanakan ibadah umroh. Bagi Anda yang belum mengetahuinya tenang saja, berikut kami bagikan informasinya di bawah ini. 

Apakah Setelah Umroh Boleh Berhubungan? 

Salah satu larangan bagi pasangan suami istri yang sedang melaksanakan umroh adalah berhubungan suami istri atau jima’. Ketika sudah melakukan ihram umroh maka melakukan hubungan suami istri dilarang dilakukan dan melakukan sesuatu hal yang bisa mengantarkan pada perbuatan jima’. 

Hal-hal yang mengantarkan pada perbuatan jima’ adalah seperti mubasyarah atau bercumbu dan menikmati tubuh istri tetapi tidak melakukan hubungan badan. Selain itu juga seperti mengatakan kata-kata yang mengundang syahwat seperti melakukan sentuhan rangsangan. 

  1. Diperbolehkan Berhubungan Suami Istri Setelah Melaksanakan Umroh

Lalu apakah diperbolehkan berhubungan setelah umroh? Jika Anda sudah selesai melakukan ihram yang ditandai dengan mencukur rambut saat tahallul, maka hukumnya diperbolehkan melakukan hubungan suami istri. Pendapat tersebut sudah disepakati oleh ulama empat madzhab. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah jika melakukan hubungan sebelum tahallul awwal atau melempar jumrah aqabah, maka ibadah umroh Anda batal. Namun ibadah Anda wajib disempurnakan dan menyembelih seekor unta untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan di Mekah. 

Jika tidak mampu menyembelih seekor unta, maka dapat diganti dengan berpuasa selama 10 hari. Untuk puasa ini, terdapat aturannya yaitu tiga hari saat masa umroh dan sisanya dilaksanakan saat sudah tiba di rumah. 

Namun jika Anda hanya bercumbu saja dan tidak sampai keluar air mani, maka hanya perlu membayar denda saja dengan menyembelih hewan unta. Lalu ibadah umroh Anda tidak sampai batal. 

Meskipun dapat diganti dengan menyembelih seekor unta atau puasa selama 10 hari, tetapi menghindarkan berhubungan suami istri ketika melaksanakan ibadah umroh lebih baik dilakukan. Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati terkait hal tersebut.  

  1. Hukum Setelah Umroh Melakukan Berhubungan Suami Istri 

Seperti yang disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah. Pada kitab tersebut dijelaskan bahwa kebanyakan ulama fiqih sepakat bahwa setelah selesai dilaksanakan satu tahallul, maka semua larangan umroh dapat dilakukan, seperti yaitu berhubungan suami istri. 

Itulah hukum melakukan hubungan suami istri setelah melaksanakan umroh. Anda perlu memahami hal tersebut dengan baik agar dapat berhati-hati ketika melaksanakan umroh. Sehingga dapat terhindar dari melaksanakan hal-hal yang dilarang ketika melaksanakan umroh seperti berhubungan suami istri. 

Bagi Anda yang membutuhkan travel umroh terbaik dan terpercaya, menggunakan jasa travel umroh dari kami PT Persada Indonesia adalah jawabannya. Kami akan membantu  pelaksanaan ibadah umroh Anda sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dengan aman dan nyaman.  

Kami adalah agen travel umroh yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun membantu memberangkatkan ibadah umroh untuk banyak jamaah. Kami akan selalu memberikan kualitas layanan dan paket umroh premium untuk mendapatkan kepuasan Anda telah menggunakan jasa kami.    

Kami menyediakan berbagai pilihan paket umroh yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Setiap paket memiliki harga yang berbeda-beda. Namun tidak perlu khawatir terkait biaya, karena kami menyediakan paket umroh dengan harga terjangkau dan bersahabat. 

Dengan harga mulai dari Rp27.000.000,00 Anda sudah bisa menikmati paket umroh berkualitas dari kami. Cukup terjangkau bukan? Untuk menikmati layanan kami, Anda bisa menghubungi tim customer service kami. 

Anda juga bisa datang langsung ke kantor kami di Jl. Diponegoro Blok AB Nomor 48, DR. Soetomo, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya. Jam buka kantor kami adalah Senin – Jumat pukul 08.30 -16.30 WIB, dan pada hari Sabtu pukul 08.30 – 14.00 WIB. Anda bisa datang sesuai dengan hari dan jam operasional kami.

5/5 - (1 vote)