Wajib Haji yang Harus di Lakukan Selama Ibadah Haji

0
57
Wajib Haji

Wajib Haji ialah segala amalan atau rangkaian kegiatan yang harus kita kerjakan selama melakukan ibadah haji, dan bila ada salah satu amalan tidak kita kerjakan maka diwajibkan menggantinya dengan dam (denda).

Berikut ada beberapa Wajib Haji yang Harus dilakukan selama ibadah haji antaralain yaitu :
  1. Mabit
    Mabit merupakan wajib haji dimana dilakukannya di Muzdalifah, yang artinya menginap atau bermalam di Muzdalifah pada malam 9 Dzul Hijjah atau selepas dari wukuf di Arafah. Wajib bagi orang yang melakukan haji untuk datang ke Muzdalifah pada malam Nahar dengan cara menginap atau melewati sepintas lalu.

عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ أَتَى الْمُزْدَلِفَةَ فَصَلَّى بِهَا الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ واضْطَجَعَ حَتَّى طَلَعَ الْفَجْرُ وَصَلَّى الْفَجْرَ (رواه مسلم)

Dari Jabir ra, ia berkata: Rasulallah saw datang ke Muzdalifah, lalu shalat maghrib dan Isya. Kemudian beliau berbaring (istirahat tidur), ketika terbit fajar beliau shalat subuh. (HR Muslim)

2. Melontar Jumroh Aqobah

dimana Ada tiga buah Jumroh di Mina, yaitu: Jumrah Aqobah, Jumroh Wustho dan Jumroh Ula. Yang dimaksud dengan jumrah Aqobah adalah melempar pada tanggal 10 Dzul Hijjah yang dilontar hanyalah Jumroh Aqobah. Hal ini dilakukan setelah mabit di Muzdalifah dan setelah terbit matahari.
Sebagaimana hadits riwayat muslim yang artinya :

Sesungguhnya Rasulallah saw tiba di Jumrah Aqobah (yaitu di hari Nahar). Maka beliau melemparnya dengan tujuh kerikil dan bertakbir setiap melempar satu kerikil yang besarnya seperti batu untuk melempar. Beliau melakukannya dari dasar lembah. Setelah itu, beliau berpaling (HR Muslim)

3. Miqat

miqat ialah salah satu wajib haji dimana yang memiliki arti sebuah batasan. Miqat terdiri dari dua macam, yaitu miqat zamani (miqat waktu) dan miqat makani (miqat tempat)

4. Ihram

Ihram memrupakan wajib haji yang memiliki arti secara bahasa terlarang atau tercegah. Secara istilah, ihram adalah niat haji atau umroh dimana bila seseorang telah masuk dalam ibadah haji atau umroh maka dia terlarang melakukan hal-hal yang dilarang bagi orang yang sedang berihram.

Semoga Informasi wajib haji ini dapat bermanfaat untuk si penulis dna khususnya untuk para pembacanya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here