Persyaratan Pendaftaran Umroh

29 November 2023

persyaratan pendaftaran umroh

Melakukan perjalanan umrah ke Tanah Suci adalah dambaan setiap Muslim. Mengikuti ritual ibadah di Mekah tidak hanya memberikan pengalaman ibadah yang lebih mendalam tetapi juga memungkinkan bertemunya dengan jamaah dari berbagai belahan dunia. Pengalaman ini tak ternilai harganya.

Jika Anda berencana untuk menjalankan ibadah umroh dalam waktu dekat, pastikan persiapannya sudah matang. Perhatikan dengan teliti persyaratan pendaftaran umroh agar tidak ada kendala yang tidak diinginkan.

Persyaratan Pendaftaran Umroh: Dokumen yang Wajib Disiapkan

Sebelum mendaftar untuk menjalani umroh di Indonesia, calon jamaah harus memenuhi beberapa persyaratan sesuai ketentuan pemerintah, yang didasarkan pada aspek hukum yang berlaku di Indonesia dan Arab Saudi. Terutama dalam konteks pandemi, meskipun kondisi saat ini telah membaik, Arab Saudi masih mewajibkan calon jamaah untuk menyertakan dokumen terkait vaksinasi. Berikut adalah daftar dokumen persyaratan pendaftaran umroh yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah:

  • Paspor
  • Visa Umrah
  • Pas Foto 4×6 dengan latar belakang warna putih, fokus wajah 80 persen, sebanyak 4 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan buku nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Kartu kuning meningitis yang masih berlaku
  • Sertifikat vaksin Covid-19 setidaknya hingga dosis kedua
  • Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA Tawakkalna) yang dapat diperoleh melalui aplikasi Peduli Lindungi
  • Surat rekomendasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kota
  • Tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-Saudi Arabia
  • Fotokopi akte kelahiran bagi calon jamaah yang berusia di bawah 17 tahun

Jika Anda menggunakan jasa travel, informasi terkait persyaratan pendaftaran umroh, tiket pesawat, akomodasi hotel, dan kontak yang dapat dihubungi biasanya akan disediakan oleh pihak travel. Calon jamaah akan diminta untuk membayar uang muka (DP) sesuai kebijakan yang berlaku sebelum keberangkatan.

Persyaratan Pendaftaran Umroh: Proses Pengurusan Visa Umroh

Visa merupakan salah satu dokumen utama yang harus dipenuhi dalam persyaratan pendaftaran umroh. Proses pengurusan visa umroh melibatkan beberapa tahapan yang perlu diikuti dengan cermat, mengingat waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan prosedur ini. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terhadap cara mengurus visa umroh menjadi krusial. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengajuan Melalui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU): Calon jamaah umroh perlu mendaftar melalui PPIU, yang bertindak sebagai perantara resmi. PPIU adalah biro perjalanan yang telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah untuk menyelenggarakan umroh. Semua persyaratan pengajuan visa umroh harus diserahkan kepada PPIU.

  • Pendataan oleh Muasasah: Pengurus visa umroh akan mendata calon jamaah kepada muasasah. Muasasah adalah lembaga penyelenggara umroh di Arab Saudi yang ditunjuk oleh kementerian haji untuk menerbitkan Ministry of Foreign Affairs (MOFA).
  • Izin MOFA: Setelah semua persyaratan visa terpenuhi, muasasah akan mengeluarkan MOFA untuk calon jamaah umroh melalui pengurus visa. MOFA adalah persetujuan resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang di Arab Saudi.
  • Proses di Kedutaan Arab Saudi: Pengurus visa akan mengajukan permohonan penerbitan visa ke kedutaan Arab Saudi. Dalam pengajuan tersebut, mereka akan menyertakan semua dokumen persyaratan dan MOFA calon jamaah umroh.
  • Pemeriksaan dan Penerbitan Visa: Kedutaan akan melakukan pemeriksaan dokumen dan, jika semuanya sesuai, menerbitkan visa untuk calon jamaah umroh. Perlu dicatat bahwa MOFA hanya berlaku selama 15 hari.
  • Kriteria Tambahan: Permohonan visa umroh umumnya akan berjalan lancar, kecuali jika calon jamaah pernah terlibat dalam tindakan kriminal. Visa umroh hanya berlaku untuk satu kunjungan ke Madinah, Jeddah, dan Makkah. Jika Anda berencana untuk kembali melaksanakan umroh, visa baru harus diurus.
  • Durasi Masa Tinggal: Visa umroh memiliki durasi masa tinggal yang ditetapkan oleh pemerintah Saudi, yaitu 10, 20, atau 30 hari. Calon jamaah harus meninggalkan Arab Saudi sebelum masa berlaku visa habis.

Setelah visa berhasil diterbitkan, hal ini menandakan bahwa salah satu persyaratan pendaftaran umroh telah terpenuhi, dan selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi berkas-berkas lainnya.

Biaya Pengurusan Visa Umroh: Sebuah Tinjauan

Mungkin pertanyaan lain yang timbul adalah seberapa besar biaya yang diperlukan untuk mengurus visa umroh. Proses pengurusan visa umroh, mulai dari persiapan hingga diterbitkannya visa, umumnya membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari. Namun, disarankan untuk meluangkan waktu lebih, mempertimbangkan kemungkinan visa terbit sebelum jadwal keberangkatan, serta memperhitungkan waktu libur di kedutaan Arab Saudi. Tidak jarang, visa baru dapat diterbitkan satu minggu setelah pengumpulan berkas.

Biaya atau harga pembuatan visa umroh bervariasi tergantung pada penyedia jasa, negara asal calon jamaah, lembaga muasasah, dan durasi pengurusan. Biaya visa umroh dapat mengalami perubahan sesuai dengan regulasi kerajaan Arab Saudi. Sebagai perkiraan, dana yang perlu disiapkan berkisar sekitar USD 190 atau Rp2.900.000.

Penting untuk dicatat bahwa biaya tersebut dapat berfluktuasi, oleh karena itu, sebaiknya calon jamaah memperoleh informasi terkini mengenai biaya visa dari penyelenggara perjalanan atau lembaga muasasah yang bersangkutan. Mengetahui dengan pasti biaya yang diperlukan akan membantu Anda dalam perencanaan finansial dan memastikan bahwa seluruh proses pengurusan visa umroh dapat berjalan dengan lancar.

PT. Persada Indonesia Travel Umroh yang Aman

Sejak tahun 1989, PT. Persada Indonesia telah menjadi mitra setia bagi para jamaah yang bercita-cita untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh di tanah suci. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, kami telah mendapatkan feedback positif yang menguatkan komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh jamaah. Kantor kami terletak di Jl. Diponegoro Blk. AB No.48, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur 60264.

Keunggulan PT. Persada Indonesia:

  • Paket Umroh yang Lengkap: Menyediakan berbagai pilihan paket, termasuk Paket Umroh 9 hari (eco, silver, dan gold), Paket Umroh 13 hari (eco, silver, dan gold), Paket Umroh plus Turkey, dan Paket Umroh plus Europe. Setiap paket memiliki variasi harga dan ketentuan yang berbeda. Bagi yang ingin menggabungkan ibadah dengan wisata, tersedia juga paket umroh plus wisata ke West Europe dan Istanbul.
  • Fasilitas Berkualitas dengan Harga Terjangkau: Dengan pengalaman selama 30 tahun, kami terus mengembangkan fasilitas yang kami tawarkan. Kami menjamin kenyamanan akomodasi di Mekkah, memberikan kenyamanan selama perjalanan, dan menyediakan tour leader berpengalaman. Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau, memahami keinginan calon jamaah untuk beribadah ke Mekkah dengan biaya yang wajar namun tetap dengan fasilitas lengkap dan nyaman.
  • Aplikasi Persada Indonesia: Berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada calon jamaah, kami memiliki aplikasi Persada Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan Anda merencanakan keberangkatan ke tanah suci dengan mudah. Keamanan data pribadi Anda adalah prioritas kami, dan fitur-fitur di dalamnya dirancang agar mudah digunakan.

Segera hubungi PT. Persada Indonesia sebagai agen travel umroh terbaik di Surabaya melalui nomor (031) 5426888. Ketahui persyaratan pendaftaran umroh dengan berkonsultasi dengan kami.

Rate this post

Tinggalkan Balasan